Rabu, 27 Juni 2012

Efisiensi

arto-mega.com
Efisiensi adalah hal penting dalam kehidupan. Terlebih bagi seseorang yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi dalam hidupnya. Seseorang yang memeliki tuntutan kreativitas, produktivitas, dan juga tuntutan kualitas baik proses maupun hasil yang bagus menjadikan efisiensi sebagai sesuatu hal yang wajib dalam hidup mereka.
Efisiensi di sini adalah menghasilkan sutu karya yang tidak mebuang waktu dan tenaga yang berlebihan. Seorang desainer harus paham akan hal ini karena desainer grafis dituntut dalam pekerjaan yang dibatasi oleh waktu. Sementara itu apabila seorang desainer grafis tidak betul-betul memanfaatkan efisiensi dalam membuat sebuah karya, mereka akan tertinggal oleh kompatitor mereka. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain agar lebih efisien :

1. Mengenal Proses

Bidang dalam desain grafis itu adalah unik. Bidang yang ada dalam desain grafis memiliki proses yang berbeda. Layout, sketsa, tipografi, desain, ilustrasi, logo memiliki proses yang berbeda dalam pengerjaannya, belum lagi harus memperhatikan digunakan untuk advertising, percetakan, atau web design yang dituntut untuk cepat dan menghasilkan kualitas yang bagus. Jadi harus benar-benar memperhatikan dan mengenali setiap proses yang ada di setiap bidang dalam desain komunikasi visual agar efisiensi bekerja dapat tercapai. Seorang desainer grafis harus memikirkan dan membuat rencana kerja yang lebih efisien.

2. Kesesuaian Tool

Tool bagi dunia desain yang ada saat ini sangat berkembang pesat. Mulai dari yang standar sampai profesional untuk keperluan komersil tersedia sekarang ini. Kemajuan teknologi tidak dapat dihindari bagi seorang desainer. Seorang desainer harus benar-benar jeli dalam memilih serta menggunakan tool/aplikasi untuk melakukan proses desain karena itu akan sangat mempengaruhi dalam efisiensi kerja.


3. Mengorganisir File

Hal ini mungkin dipandang hal yang spele dan tidak penting. Bagi sebagian orang hal ini dianggap akan menghambat waktu kerja. Tapi bagi desainer hal ini justru sangat penting. Dalam pekerjaan seorang desainer grafis, pasti melalui proses deal, creativity, revisi, dan finishing. Tanpa adanya suatu manajemen file yang baik, mereka akan disulitkan ketidak beraturan file. Desainer grafis tidak bisa hanya megandalkan ingatan suatu file berada. Tapi dengan adanya manajemen yang baik, makan akan lebih mudah mencari data yang diperlukan dan menghasilkan suatu efisiensi yang lebih. Mengorganisir file tidak hanya file yang berupa hardcopy saja, yang softcopy di dalam komputer juga harus diorganisir dengan baik.

Hendra Wijaya
2012

1 komentar:

Saran Yah..