Selasa, 12 Juni 2012

Pendidikan Seni di Indonesia

Berbicara tentang seni, berarti berbicara tentang estetika dan artistik. Lalu bagaimana dengan pendidikan seni?
Pendidikan di Indonesia hanya menjadikan seni sebagai alternatif dalam pendidikan. Hal tersebut tergambarkan dari banyaknya sekolah yang hanya menjadikan seni sebagai kegiatan ambahan atau yang biasa di sebut ekstrakulikuler.
Kebanyakan dari masyarakat kita mengetahui seni hanya sebatas musik, lukis, atai film itupun yang berbau kebarat-baratan. Sedangkan yang berasal dari dalam negeri sendiri banyak yang tidak mengetahui khususnya para generasi muda bangsa ini. Pantas saja fenomena yang terjadi sekarang adalah maraknya pencurian dan pengakuan kesenian tradisional bangsa kita oleh bangsa lain sebagai kesenian asli mereka. Hal ini karena sangat lemahnya apresiasi masyarakat dan pemerintah terhadap kebudayaan sendiri.
Sudah sedemikian parahkan kondisi bangsa ini. Kita sering mengkui bahwa cinta budaya Indonesia bahkan sering tuh digembar gemborkan tentang cinta budaya Indonesia, tapi apa kenyataan yang terjadi? masih banyak dari kita yang tidak mengenal produk budaya Indonesia sendiri. Pemerintah juga belum memberikan jaminan kepada para pelaku seni dan kegiatan berkarya seni mereka. Mudah saja, banyak seniman yang gulung tikar dan berganti profesi untuk terus melanjutkan kehidupannya. Apresiasi yang sangat kurang terhadap seni tampak jelas terlihat di negeri ini.
Pendidikan adalah salah satu jawaban dari krisis pelestarian kesenian Indonesia. Dengan pendidikan, para generasi pembangun bangsa akan lebih mengetahui dan memahami seperti apa sejarah, dan kondisi seni dan budaya di Indonesia dan akhirnya mencintai dan terus melestarikan budayanya sendiri. Kenapa pendidikan seni dinilai penting? karena pendidikan seni adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia bahkan seni juga dipandang sebagai sesuatu yang melahirkan ilmu lain.
Dengan seni, pendidikan formal lainnya akan lebih mudah diterima oleh peserta didik. Hal ini berarti seni sebagai faktor penting kesuksesan peserta didik dalam mempelajari ilmu lainnya yang dianggap lebih formal. Dari seni akan memberikan sebuah pengalaman rasa dan pengalaman rasa itulah yang akan membantu terciptanya proses berpikir peserta didik.
Pertanyaan yang timbul adalah, masih pentingkah pendidikan seni di Indonesia? Jawabannya bisa kita interpretasikan sendiri. Tetapi yang perlu diingat, bangsa kita dikenal dan dihargai di dunia juga berkat adanya seni, dan seni lahir dari sebuah proses yang dinamakan "Pendidikan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Yah..